Connect with us

Berita

Sempuri Kota Bontang: Pertemuan Aji Pao dengan Jin Bergelar Sang

Published

on

Dari mulut ke mulut, tersebutlah nama Aji Pao; kerabat Sultan Kutai yang dianggap menjadi penduduk pertama belantara Kota Bontang.

AJI Pao berkelana mencari tempat. Bersama orang-orang kepercayaannya –dengan bekal tekad dan semangat– dia tak sekadar berburu. Aji Pao berniat mencari tempat terbaik untuk berkebun, sekaligus menjadikannya tempat tinggal baru.

Beragam bukit curam dilaluinya, hingga sampailah Aji Pao ke tempat yang dijaga tiga sosok jin. Jin pertama bergelar Sang, yakni Sang Attak. Sosok tersebut menjaga anak sungai Api-Api –kini di sekitar Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim)– yang disebut Sangatta.

Jin kedua bernama Sang Antan. Sosok tersebut juga menjaga daerah aliran anak sungai Api-Api yang kini disebut Santan. Jin terakhir bernama Sang Kima, penjaga aliran anak sungai Sangkima –sekitar Desa Sangkima, Kecamatan Sanggata Selatan, Kabupaten Kutim.
Kepada ketiga jin bergelar Sang tersebut, Aji Pao meminta izin. Dia ingin tempat tersebut menjadi pemukiman, sekaligus tempat berkebun dan berburu.

Para Sang kemudian mengabulkan permintaan Aji Pao. Mereka bahkan ikut menjaga keamanan dan keselamatan Aji Pao berserta keluarga dan pengikutnya. Pilihan kerabat Sultan Kutai ini ternyata tidak salah. Tempat yang dialiri sungai itu sangat subur. Panen pertama di sawah, menggembirakan. Bulir padinya panjang dan berisi. Pun dengan hasil perkebunan.

Labu parang yang ditanam, juga panen. Belum lagi binatang buruan seperti pelanduk dan payau, mudah didapat. Jerat yang dipasang, tak pernah luput. Lautnya, kaya dengan pelbagai macam jenis ikan dan binatang laut yang dapat dimakan.

Demikianlah cerita Aji Pao di masa awal pencariannya. Dia dan para pengikutnya berhasil menemukan tempat yang subur untuk hidup.
Maka, kembalilah Aji Pao ke Kutai. Bersama para pengikutnya, mereka memgabarkan situasi dan keadaan dari daerah yang baru ini.

Aji Pao dan pengikutnya kemudian membawa keluarga masing-masing untuk tinggal di daerah baru tersebut. Konon, perpindahan ini bertepatan dengan masa pemerintahan Sultan Kutai ke 16, yaitu Sultan Aji Muhammad Salehuddin (1782-1850). Perpindahan itu sendiri diperkirakan terjadi sekira 1826.

Medio 1826 itulah, Aji Pao disebut diangkat oleh kaum kerabat dan pengikutnya untuk menjadi petinggi yang pertama di kampung yang belum bernama ini.

 

WAKTU berlalu. Pun dengan masyarakat di wilayah pesisir yang semula dihuni penduduk Melayu-Kutai. Dengan ketekunan dan semangat, mereka mampu membangun pasar sederhana.

Sistem ekonomi dibangun lewat barter untuk melakukan transaksi jual-beli. Jika mereka menawarkan hasil kebun, laut, maupun hasil buruan, biasanya ditukar dengan keperluan perkakas rumah tangga dan sebagainya.

Tumbuhnya ekonomi, membuat wilayah pesisir menarik perhatian masyarakat lain di seberang lautau. Atau –dalam hal ini– masyarakat Sulawesi dari suku Bugis dan Bajau. Proses perpindahan masyarakat Sulawesi ini diperkirakan terjadi sejak 1900-an.

Kehadiran masyarakat dari pulau seberang ini tentu saja berdampak. Wilayah pesisir semakin ramai. Apalagi, para pendatang yang kebanyakan pria, memutuskan menikah dengan perempuan setempat. Pun sebaliknya.

Perkembangan wilayah pesisir juga semakin masif saat masyarakat Melayu-Banjar, juga datang ke tempat yang sama. Mereka membaur dan menetap di wilayah pesisir ini.

Lantaran perbedaan bahasa, mereka menggunakan bahasa Melayu untuk berkomunikasi. Konon, bahasa Melayu menjadi tren saat itu. Sebab, siaran radio yang menjadi hiburan masyarakat pesisir, menggunakan bahasa Melayu. Pun dengan tembang yang diputar. Semua berbahasa Melayu.

Penggunaan bahasa Melayu jadi bahasa sehari-hari oleh generasi pertama yang lahir di wilayah ini. Hal itu diperkirakan terjadi pada medio 1920 dan terus diwariskan pada generasi berikutnya.

 

TATANAN masyarakat kian maju. Bertambahnya penduduk karena kelahiran dan arus pendatang, berdampak pada perkembangan pasar.
Masyarakat Tiongkok, disebut-sebut pernah melakukan perdagangan di sana. Mereka dapat menguasai ekonomi lokal dalam waktu singkat. Caranya, dengan menawarkan barang dagangan yang menarik dan diminati perempuan.

Di lain sisi, para pedagang dari Negeri Tirai Bambu itu juga menawarkan barang dagangannya melalui kesepakatan, “ambil dulu bayar nanti”.

Tidak sedikit masyarakat setempat tertarik dengan cara seperti itu. Pembayarannya mereka lakukan setelah pulang dari berburu, berkebun, dan melaut.

Kebiasaan “ambil dulu bayar nanti” inilah yang membuat para pedagang Tiongkok menulis bon –surat kecil berisi keterangan pengambilan barang, peminjaman uang, dan sebagainya– untuk setiap transaksi.

Jika penghasilan mencukupi, bon dibayar lunas. Namun, sebagian masyarakat setempat justru tidak mampu melunasi barang yang sudah dimiliki. Itu sebabnya, bon yang tidak terbayar tersebut menjadi utang.

Makin hari, utang makin menumpuk. Terlebih bagi para nelayan. Mereka tidak dapat melaut karena cuaca buruk. (fa/pelbagai sumber)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Singkatan di Internet yang Harus Kamu Tahu

Published

on

By

NGAPAIN nulis panjang-panjang kalo kamu bisa hemat waktu dan tenaga dengan mempersingkat kata-kata yang kamu gunakan? MTKGKIK (Misal, Tulisan Kayak Gini Kan Irit Karakter). Nah, di internet, selalu aja ada singkatan-singkatan baru yang bermunculan sampai bingung arti singkatan itu apaan aja. Jadi, supaya kalian nggak kalah gaul, Pia kasih tahu nih singkatan di internet yang harus kamu tahu.

FYI
Singkatan dari “For Your Information“. Biasanya dipakai untuk ngasih tahu informasi tambahan. Pia juga sering kan pakai singkatan yang ini.

ICYMI
In Case You Missed It“. Dulu sering banget dipake di Twitter untuk ngasih tau lagi info yang sebelumnya udah di-share. Misalnya pagi tadi udah ngasih link soal berita pembajakan. Siangnya, link itu di share lagi dengan menyisipkan “ICYMI”. Maksudnya, siapa tahu tadi pagi belum pada lihat berita itu. Atau, tadi pagi udah nembak, terus dicuekin, kamu ulang nembaknya pake ICYMI lagi, dan kalo dia masih sok cuek lagi, ulang aja terus sampai kuping si dia berbusa.

ASAP
As Soon As Possible“. Artinya secepat mungkin. Jadi misalnya kamu disuruh melakukan sesuatu ASAP, kamu harus melakukannya secepat mungkin. Kalau bisa malah dalam waktu semenit aja.

IDK atau IDEK
I Don’t Know” atau kadang “I Don’t Even Know“. Dipakai kalau lagi males jawab pertanyaan nggak penting. Atau bisa juga sih kalau yang ditanya emang kebetulan lagi sibuk banget. Bisa juga dipake sebagai hashtag.

IMO atau IMHO
In My Opinion” atau “In My Humble Opinion“. Biasanya kalo lagi mau ngeluarin opini di sosial media, pake singkatan ini dulu. Jadi kalo ada yang protes, tinggal jawab, “Kan tadi udah bilang itu cuma IMHO aja.” Karena maksudnya adalah opini pribadi, bukan sebuah fakta umum.

TBH
To Be Honest” alias sejujurnya. Sama sih, biasanya dipake juga waktu mau ngasih opini atau sekadar berbagi apa yang lagi dipikirin ke jagat internet.

ROTFL
Rolling On The Floor Laughing” alias ketawa sampe guling-gulingan di lantai saking lucunya. Jangan dipake sembarangan. Kalau kamu ngetik ROTFL di chat room, kamu harus beneran ketawa geli sambil guling-gulingan di lantai sampai lantainya bersih.

LMAO
Laughing My Ass Off” kalau diterjemahin secara literal artinya ketawa sampai pantat copot, tapi maksudnya nggak gitu. Maksudnya ya ketawa terdahak-dahak gitu deh.

L8
Late“. Sekian.

W8
Wait“. Ampun dah males banget nulis “wait” padahal kan cuma 4 huruf..

SMH
Shaking My Head” alias geleng-geleng kepala. Singkatan ini sempet bikin kamu bingung karena entah kenapa yang pertama kepikiran adalah “Somehow”. Hahaha. Singkatan ini dipakai di internet seputar kejadian yang tentunya akan bikin kamu geleng-geleng kepala juga di dunia nyata. Misalnya, “Bukannya berdoa terus makan malah selfie sampai makanannya dingin… SMH.”

OTP
On The Phone” atau kalau dalam istilah yang sering dipake para fangirl sih artinya “one true pairing”. Dipake waktu kamu ngedukung banget pasangan di dunia nyata atau fiksi karena menurut kamu mereka tuh cocok banget.

GDPBBCGB
Ini adalah singkatan paling baru dan paling gaul yang pasti belum kamu tahu. GDPBBCGB itu singkatan dari “Ganti DP Bisa, Bales Chat Gak Bisa“. Pasti banyak yang pernah ngalamin hal ini. Nah, sekarang kamu bisa pake singkatan ini.

Ngomong-nongong, kamu sering pake singkatan yang mana nih di internet? (*)

 

Baca Juga di instagram Tripia di https://www.instagram.com/tripiaid

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tripia.id (@tripiaid)

Continue Reading

Berita

Kartun 90-an Jepang yang Paling Ngangenin

Published

on

By

DULU, hampir setiap hari pasti ada waktu buat nonton kartun di TV. Entah setiap sore, atau setiap hari Minggu pagi. Beda banget seperti zaman sekarang yang kalo kita bangun pagi-pagi setel TV, eh yang nongol malah acara-acara gosip dan politik. Nggak asik! Kami kangen film kartun zaman dulu!

Detektif Conan
Siapa sih yang nggak kenal Detektif Conan? Gara-gara dia banyak anak-anak yang cita-citanya jadi detektif dan selalu ngarep bisa punya kacamata canggih yang seperti Conan pake. Udah gitu pacaran sama Ran Mouri yang cantik itu. Gimana nggak kangen coba?

Ninja Hatori
Boong ngibul kalo nggak hapal lirik lagunya Ninja Hatori. Ninja lucu yang suaranya serek-serek basah pas di-dubbing�Bahasa Indonesia. Punya anjing ninja lucu namanya Shishimaru yang doyan makan dadar guling!

Kobo Chan
Cerita tentang kehidupan sehari-hari dari satu keluarga si Kobo-Chan yang tinggal di Jepang. Selalu takut dokter gigi dan dokter THT. Gara-gara Kobo-Chan, kita jadi tau gimana kehidupan di Jepang sana.

Sailor Moon
Favoritnya cewek-cewek nih! Dengan tagline-nya “…dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!” Yang bikin kita selalu inget sama Sailor Moon, 5 gadis cantik yang kostumnya seperti seragam sekolah. Misinya adalah mencari sang putri bulan dan Kristal perak yang suka berebutan sama si Lelaki Tuxedo bertopeng!

Captain Tsubasa
Favoritnya cowok-cowok nih! Tsubasa si anak SD yang pengen banget jadi pemain bola terbaik. Ceritanya tentang perjalanannya dalam merintis karir menjadi pemain bola yang terbaik di dunia, dengan gaya nendangnya yang nggak masuk akal kakinya bisa sampe membentuk sudut 180 dereajat!

 

Pokemon
Pokemon asalnya dari sebuah game di konsol Game Boy yang sukses banget di dunia. Saking berkembangnya akhirnya dibikin juga serial TV dan film Pokemon yang menceritakan tentang pengumpulan 649 spesies fiksi yang ada di semua seri Pokemon! Tokoh utamanya adalah Ash yang punya Pokemon Pikachu!

Digimon
Inget banget nih Digimon dulu ada di TV setiap minggu pagi sekitar jam setengah delapan. Digimon yang singkatannya adalah Digital Monster, mereka menetas dari telur yang disebut Digi-Eggs. Mereka bisa berevolusi dari level yang kecil ke level yang lebih tinggi. Perjalanan ceritanya seru banget, karakter-karakter yang terkenal di Digimon ada Agumon, Gabumon, Piyomon, Tentomon, Palmon, Gomamon, dan Patamon! Uh kangen!

Kalo kartun favoritmu di 90-an apa sih? (*)

Continue Reading

Berita

Gadget 90-an yang Bikin Hidup Jadi Gampang Banget

Published

on

By

DI 2022 ini kamu yang gadget freak pasti udah akrab banget sama yang namanya iPad dan sodara-sodaranya. Mau main, ngirim email, atau browsing Tripia.id juga bisa di manapun dan kapanpun cukup dengan satu gadget. Kalo udah begini rasanya idup jadi gampang banget. Gimana kalo kita sekarang flashback ke 90-an sambil nyanyi, “Ti..dit.. pagerku berbunyi! Ti..dit.. ti..dit.. begitu bunyinya!

Pager
Ribet banget, emang. Karena mesti melalui operator dulu. Kan jadi malu kalo mau kirim pesen ke pacar yang agak mesra gitu. “Mbak, kirim pesen buat nomor sekian sekian sekian. Pesennya: jangan lupa bobo, ya. Muach!” Gimana ya perasaan si mbak-mbak operator tiap ngetik pesen model begitu? Tapi tetep asik kok. Ya mau gimana lagi, adanya pager doang.

Tamagochi
Mainan ala game watch dari Jepang ini konsepnya adalah melihara binatang kesayangan. Jadi kamu tiap hari harus ngasih makan, ngasih obat kalo sakit, ngajak main, sampe mandiin. Soalnya kalo nggak dirawat dia bisa mati. Hati-hati gila kalo kelamaan main ginian.

Handphone
Setelah tren pager reda, operatornya juga udah pada stres kayaknya, datanglah era handphone. Diawali dengan Ericsson T10 dan Nokia 5510. Handphone dengan game Snake itu udah paling canggih dan gaul pada jamannya. Hmmm, sedih juga ya kalo dipikir-pikir.

Nah, kalo kamu punya gadget yang mana nih waktu 90-an?

Continue Reading

Trending